Rumah Dari Printer 3D ??

Siapa yang menyangka, printer 3D ternyata bukan hanya bisa diaplikasikan untuk hal-hal kecil. Tetapi juga bisa digunakan untuk

Siapa yang menyangka, printer 3D ternyata bukan hanya bisa diaplikasikan untuk hal-hal kecil. Tetapi juga bisa digunakan untuk konstruksi besar seperti membuat rumah.

Rumah pertama yang dibuat oleh printer 3D ini merupakan inovasi dari perusahaan Apis Cor. Mereka membuat printer 3D on-side yang hanya perlu dipasang di tengah “calon rumah”. Sehingga biaya bisa ditekan, dan waktu untuk mendirikan printer bisa cepat. Ya, hanya membutuhkan waktu satu jam saja untuk instalasi dan rumah sudah siap untuk dibangun! Ini merupakan potensi dan solusi baru di bidang arsitektur.

rumah-dengan-printer-3d

Dengan teknologi printer 3D yang bentuknya seperti crane ini, para arsitek yang sedang membuat inovasi rumit tentang bangunan, akan terbantu untuk mengaplikasikannya di dunia nyata. Sebab printer 3D ini bisa membuat segala bentuk yang memungkinkan untuk merancang rumah masa depan, sekaligus mengurangi resiko kerusakan akibat human-error pada bangunan.

pembuatan-konstruksi-rumah-dengan-printer-3d

Dalam proyek ini, Apis Cor bekerjasama dengan perusahaan lain untuk membuat pelengkap rumah tersebut. Yaitu PIK Companies, TechnoNICOL, BITEX REIBEPUTZ, «FABRIKA OKON» COMPANY, dan raksasa teknologi SAMSUNG untuk bagian interior elektronik.

Printer 3D dari Apis Cor ini bisa membuat rumah dengan luas 38 meter persegi dalam waktu satu hari saja! Apalagi biaya pembuatan juga bisa ditekan menjadi hanya $10134 atau sekitar Rp. 135 juta rupiah saja. Sungguh efisien! Ini merupakan bukti bahwa teknologi elektronik dan robotika seperti printer 3D sebenarnya masih bisa diterapkan secara luas.

Yang dibutuhkan adalah inovasi dan kemampuan untuk membuat ide-ide inovatif tersebut menjadi nyata.

Leave a Comment